Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Tips & Trik5 Fungsi Kipas Angin di Ruang Makan yang Wajib Diketahui

    5 Fungsi Kipas Angin di Ruang Makan yang Wajib Diketahui

    Fungsi kipas angin di ruang makan ternyata cukup banyak. Yuk, cek lima fungsinya!

    OLX News – Tidak hanya di tengah rumah atau kamar, kamu sebaiknya juga mempertimbangkan untuk memasang kipas angin di ruang makan. 

    Ada beberapa fungsi kipas angin, bukan sekadar untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk saja. Nah, setidaknya ada lima fungsi kipas angin di ruang makan yang akan kamu dapatkan, yaitu:

    1. Meningkatkan Kenyamanan

    Menambahkan kipas angin di area langit-langit atau tempat lainnya di ruang makan akan membuat kenyamanan setiap orang yang sedang makan atau masak menjadi lebih meningkat.

    Terutama ruang makan yang berdekatan dengan dapur, sebab hawa panas dari area dapur bisa datang ke ruang makan. Dengan meletakkan kipas angin, maka sirkulasi udara di area makan lebih meningkat.

    Angin segar dari kipas pun akan membuat pengalaman makan bersama orang terkasih lebih menyenangkan, khususnya saat cuaca sedang panas.

    2. Mengurangi Bau di Ruang Makan

    Biasanya ruangan makan tidak hanya panas dan pengap karena hawa dari dapur yang aktif digunakan, tapi juga bau. Bukan bau busuk, namun perpaduan dari aroma asap, masakan, dan bumbu-bumbu yang digunakan ketika kamu memasak.

    Nah, fungsi kipas angin ini adalah untuk membuat agar udara terus bergerak, sehingga bau-bau kurang sedap tersebut dapat diuraikan dan perlahan menghilang.

    3. Membuat Kualitas Udara Lebih Meningkat

    Kamu dapat bernapas dengan lebih lega setelah meletakkan kipas angin di area ruang makan. Berbagai polusi udara yang mungkin masuk ke tempat ini bisa dikurangi, seperti asap rokok.

    Sirkulasi udara di dapurmu akan lebih baik dan tidak lagi lembab, sehingga kualitas oksigen yang kamu hirup semakin berkualitas.

    4. Menghias Area Ruang Makan

    Untuk area ruang makan, biasanya orang menggunakan kipas angin gantung. Sebab, kehadirannya tidak akan terlalu memakan tempat, dibandingkan jika kamu meletakkannya di meja atau lantai.

    Nah, saat ini ada cukup banyak desain kipas angin gantung yang menarik, sehingga dapat kamu jadikan sebagai tambahan untuk penghias ruangan makan. Dengan begitu, fungsi kipas angin ini juga merangkap ke aspek estetika.

    Selain itu, beberapa kipas angin gantung  memiliki tambahan fitur lampu, sehingga dapat membuat pencahayaan pada area ruang makan menjadi lebih terang dan elegan.

    Karena posisinya ada di plafon, maka sebaiknya kamu meminta bantuan kepada tenaga profesional. Sebab, jika pemasangannya asal-asalan atau tidak benar, maka keselamatan orang di bawahnya dapat terancam.

    5. Lebih Hemat Daya dan Biaya

    Kipas angin, khususnya yang biasa digantung di langit-langit, adalah peralatan yang tergolong hemat energi. Akumulasi dari penggunaannya selama dalam jangka waktu tertentu, akan membuat penggunaan energi listrik lebih hemat, terutama ketika cuaca sedang panas-panasnya.

    Kipas angin dapat membuat udara bisa beredar secara merata ke sekeliling ruangan, sehingga mengeluarkan udara yang dingin. Dengan begitu, tanpa harus menurunkan suhu ruangan, kamu tetap bisa merasakan suhu dingin ini,

    Dengan begitu, area ruang makan tidak terlalu membutuhkan AC lagi sebagai penyejuk. Seperti yang kamu tahu, dibandingkan AC, kipas angin lebih hemat dalam memakan daya listrik.

    Dengan begitu, tagihan listrik di rumah dapat ditekan lumayan banyak. Dengan kipas angin, kamu juga sudah membantu agar jejak karbon yang dapat merusak lingkungan dapat dikurangi.

    Setelah tahu beberapa fungsi kipas angin untuk ruang makan di atas, maka segeralah pilih kipas anginmu sekarang. 

    Kamu dapat cek di OLX jika sedang ingin versi bekasnya. Selain itu, pastikan unduh aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store untuk akses yang lebih mudah.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait