Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Berita7 Mobil SUV Baru yang Launching di IIMS 2023

    7 Mobil SUV Baru yang Launching di IIMS 2023

    News.OLX – Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023 diramaikan oleh peluncuran sejumlah mobil SUV dari berbagai pabrikan, seperti Toyota, BMW, Wuling, hingga Chery.

    Tidak hanya konvensional, dari 7 mobil SUV yang diluncurkan, beberapa di antaranya merupakan mobil hybrid. Penasaran ada apa saja? Berikut ulasannya.

    1. Toyota Corolla Cross GR Sport

    Toyota Corolla Cross GR Sport menjadi salah satu mobil SUV yang diluncurkan dalam ajang IIMS 2023. Mobil ini merupakan model GR pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan teknologi Hybrid EV.

    Tidak hanya berteknologi hybrid, mobil ini juga dilengkapi dengan paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) dan teknologi T-Intouch, serta penyetelan khusus guna meningkatkan performa dan handling-nya.

    Untuk dapur pacu, mobil diberikan mesin berkode 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.798 cc 4 silinder segaris DOHC VVT-i bertenaga 96,6 daya kuda dan torsi puncak 142 Nm di putaran mesin 3.600 RPM.

    Mesin itu dikolaborasikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 71 daya kuda dan torsi sebesar 162,7 Nm.

    Toyota Corolla Cross GR Sport kabarnya tidak dijual secara terbatas, melainkan akan dipasok sekitar 150 unit sebulan. Untuk harga, mobil ini dibanderol mulai dari Rp 602,1 juta hingga Rp 607,1.

    2. BMW X7

    Mobil SUV selanjutnya yang mejeng di IIMS 2023 adalah The New BMW X7. Mobil SUV seharga Rp 2,4 miliar ini hadir dengan berbagai peningkatan, mulai dari tampilan eksterior yang ekslusif, kabin yang mewah, fitur-fitur canggih serta mesin baru.

    Bagian eksterior BMW X7 memperlihatkan unit lampu depan yang terpisah. Ini menjadikannya model pertama di Indonesia yang mengusung desain tersebut.

    Fascia depan The New BMW X7 masih mempertahankan ciri khas double kidney grille yang tampilannya dipermanis dengan Iconic Glow sebagai opsi baru di BMW X7.

    Panel instrumen baru dengan lampu ambience disematkan pada bagian interiornya, membuat tampilannya begitu mewah.

    Untuk dapur pacunya, mobil ini dibekali dengan mesin bensin 3.000 cc enam silinder in-line generasi terbaru yang mampu menghasilkan tenaga 381 daya kuda dan torsi puncak 520 Nm.

    Mesin baru ini juga dibekali dengan teknologi mild hybrid dengan tambahan baterai berkapasitas 48 volt.

    3. Suzuki Grand Vitara 

    IIMS 2023 juga turut dimeriahkan dengan peluncuran generasi terbaru Suzuki Grand Vitara. Mengusung tagline ‘Gear To Dominate, Excellence Escalated’, Suzuki Grand Vitara akan membawa pengalaman baru yang lebih tinggi untuk eksplorasi gaya hidup modern.

    Sejumlah fitur turut melengkapi SUV ini, seperti panoramic sunroof, LED Projector Headlamp berikut Autolight with Guide Me Light, Cruise Control, Head Up Display (HUD) dan smartphone wireless charging.

    Untuk menunjang aspek keamanan, fitur-fitur seperti 6 Airbag, ESP (Electronic Stability Program), ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution), disematkan pada Suzuki Grand Vitara.

    Bicara soal performa, Suzuki Grand Vitara dibekali dengan mesin 1.500 cc berkode K15C Dual Jet 4 silinder yang ramah lingkungan. Performa yang dihasilkan dari mesin tersebut sebesar 101,6 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi sebesar 136,8 Nm pada 4.400 RPM.

    Mesin tersebut juga disertai dengan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki), sistem hybrid yang mengandalkan dua komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan baterai lithium ion.

    Sayangnya, harga mobil ini masih dirahasiakan. Namun, Suzuki kabarnya akan mengumumkan dalam waktu dekat. 

    4. Hyundai Creta Dynamic Black Edition

    Pada ajang ini, Hyundai membawa varian terbaru dari Hyundai Creta, yakni Hyundai Creta Dynamic Black Edition yang dijual seharga Rp 350 juta. Varian ini memiliki basis dari varian Trend, sedangkan fiturnya dari varian Prime.

    Dari luar, mobil ini terlihat mirip tipe Prime karena dilengkapi body kit, lampu depan dan belakang LED dan hidden-type DRL. Bedanya adalah, body kit, pelek, dan panel pilar C-nya dicat warna hitam gloss.

    Sama seperti Hyundai Creta varian lainnya, Hyundai Creta Dynamic Black Edition dilengkapi mesin bensin Smartstream 1.500 cc.

    Mesin dilengkapi dengan teknologi Hyundai Intelligent Variable Transmission (IVT) ini mampu memuntahkan tenaga hingga 113 daya kuda pada 6.300 RPM dengan torsi maksimum hingga 143,8 Nm pada 4.500 RPM.

    5. Wuling Alvez

    Wuling Motor kembali melebarkan sayapnya dengan meluncurkan Wuling Alvez pada ajang IIMS 2023. Ini merupakan compact SUV pertamanya. Tampilan eksterior Wuling Alvez menonjolkan style that keeps you moving.

    Dengan desain sleek dan stylish, compact SUV ini didukung dengan dynamic dual-tone color, penggunaan LED DRL, adjustable LED pada lampu utama, dan LED lampu belakang, bold front grille design, serta cuttingedge 16 inci wheels.

    Keselamatan dan kemudahan dalam berkendara juga dimiliki Wuling Alvez yang terwujud lewat adanya Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang secara aktif mendukung keselamatan berkendara.

    Selain itu mobil tersebut juga memiliki teknologi Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV).

    Untuk mendukung dapur pacunya, mobil ini dibekali mesin bensin NA 1.485 cc yang dapat menyemburkan 105 daya kuda pada 5.800 RPM dan torsi 143 Nm pada 4.000- 4.600 rpm.

    Mesin tersebut memiliki dua pilihan transmisi, yakni manual enam percepatan dan otomatis berjenis CVT. Untuk harga, Wuling Alvez dijual dalam tiga varian mulai Rp 209 juta hingga Rp 295 juta

    6. Mitsubishi XFC Concept

    Mitsubishi XFC Concept adalah mobil konsep yang versi produksinya akan masuk ke dalam segmen SUV lima penumpang. Indonesia menjadi negara kedua yang memamerkan mobil konsep ini setelah Vietnam.

    Mobil SUV ini menawarkan desain terkini, utilitas kemudahan pengendalian, dan kabin yang lega, serta legroom yang lebih luas. Karakter SUV semakin tegas berkat adanya flare fender

    Berbagai teknologi canggih dan head unit besar disematkan pada Mitsubishi XFC Concept, sehingga mampu memberikan keleluasaan lebih pada pengendara.

    Mobil ini juga memiliki ground clearance yang tinggi dan 4 mode berkendara, mulai dari Normal, Wet, Gravel, dan Mud, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan, aman, dan dapat diandalkan di berbagai situasi dan cuaca.

    Sayangnya, belum ada informasi soal spesifikasi lengkap mobil konsep ini, mengingat riset untuk pasar Indonesia masih berjalan. Ada kemungkinan versi produksinya akan dirilis pada tahun 2024. 

    7. Chery Omoda 5

    Chery resmi merilis crossover SUV terbarunya, Chery Omoda 5. Mobil SUV ini menawarkan desain crossover yang sangat modern dan sejumlah fitur canggih yang disematkan.

    Fitur-fitur tersebut di antaranya seperti head unit 10,25 inci yang sudah dilengkapi konektivitas Apple Carplay dan Android Auto, Keyless Entry dan Vehicle Body Anti-theft, hingga wireless charge.

    Ada pula sistem pengereman ABS, EBD, BAS+BOS, serta Electronic Stability System dan Traction Control. Untuk dapur pacunya, Chery Omoda 5 dilengkapi dengan mesin TCI 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 148 daya kuda pada 230 Nm.

    Chery Omoda 5 sendiri dibanderol dari Rp 328 juta untuk varian terendahnya. Sedangkan varian tertingginya dijual seharga Rp 398 juta.

    Ramai banget kan mobil SUV keluaran terbaru yang hadir di IIMS 2023. Selain bisa melihat berbagai mobil baru, di IIMS 2023 kamu juga bisa melakukan tukar tambah mobil lama kamu dengan mobil baru di booth mobbi, lho!

    Untuk itu, pastikan kamu tidak melewatkan keseruan IIMS 2023. Jangan lupa beli tiket IIMS 2023 sebelum ke lokasi dan kunjungi booth mobbi!

    Temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya di mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait