Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBahaya Yang Mengintai Jika Ban Motor Goyang

    Bahaya Yang Mengintai Jika Ban Motor Goyang

     Ini dampak kalau ban motor yang goyang dibiarin!

    News.OLX – Ban motor yang goyang dapat menyebabkan sejumlah bahaya bagi kamu saat berkendara. Pastikan jika sebelum kamu berkendara, periksa terlebih dahulu kondisi ban motor kamu agar bisa diperbaiki secepatnya.

    Mengapa ban motor yang goyang sangat berbahaya? Hal itu disebabkan karena ban merupakan tumpuan dan juga penggerak utama pada motor kamu. Jika kamu biarkan, dapat memberikan banyak dampak buruk, yang fatal adalah kecelakaan. 

    Agar kamu bisa waspada, pahami hal-hal berikut ini beberapa bahaya yang dapat mengintai jika ban motor goyang :

    1. Kehilangan kendali

    Ban yang goyang dapat membuat pengendara kehilangan kendali atas sepeda motor. Ini dapat terjadi saat berkendara pada kecepatan tinggi, saat berbelok, atau saat melintasi permukaan jalan yang tidak rata. Kehilangan kendali ini dapat berujung pada kecelakaan serius.

    2. Risiko terjatuh

    Ketika ban motor goyang, risiko terjatuh dari sepeda motor meningkat. Hal ini bisa mengakibatkan cedera fisik, seperti lecet, memar, patah tulang, atau cedera kepala jika pengendara tidak menggunakan helm.

    3. Memperpendek usia ban

    Ban yang goyang dapat mengakibatkan penggunaan ban yang tidak merata. Bagian ban yang mengalami gesekan lebih besar akan lebih cepat aus, sedangkan bagian yang kurang gesekan akan tetap utuh. 

    Baca juga: Apa Itu Bubut Cakram Mobil dan Apa Manfaatnya?

    Ini dapat memperpendek umur pakai ban dan memerlukan penggantian yang lebih sering.

    4. Stabilitas berkendara menurun

    Ban yang goyang dapat mengurangi stabilitas sepeda motor. Hal ini dapat membuat kamu sebagai pengendara merasa tidak nyaman saat berkendara, terutama saat menikung atau berbelok.

    5. Peningkatan konsumsi BBM

    Ketika ban motor goyang, mesin sepeda motor perlu bekerja lebih keras untuk menjaga keseimbangan, yang dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar. Hal ini bisa merugikan kamu dari segi ekonomi juga yang harus mengeluarkan biaya lebih lagi.

    6. Mempengaruhi kerusakan komponen lain

    Goyangan ban yang berlebihan dapat merusak komponen lain pada sepeda motor, seperti suspensi, roda, atau sistem pengereman. Ini dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi.

    ban 2

    Cara mengatasi ban goyang

    Setelah mengenali beberapa dampak buruk yang terjadi jika ban belakang terasa goyang, ulasan selanjutnya ini akan menjelaskan bagaimana cara yang bisa dilakukan jika kamu mengalami ban motor yang tiba-tiba oleng. 

    1. Perbaiki velg

    Penyebab roda yang goyang bisa disebabkan oleh velg yang rusak. Solusinya adalah mengganti dengan velg yang baru atau pres velg pada bagian yang tidak rusak parah, atau hanya menambal bagian yang retak ke bengkel. 

    2. Kencangkan mur

    Solusi mengatasinya yaitu selalu mengecek kondisi stang, bearing roda depan dan belakang secara rutin agar mengetahui gangguan yang mungkin terjadi. Kamu juga bisa mengetes dengan cara menggoyangkan roda ke arah kanan dan kiri.

    3. Cek shockbreaker

    Kamu juga harus melihat kondisi dari shockbreaker. Biasanya masalah yang terjadi adalah karet bantalan yang tidak rapat, mengeras, atau pecah. Kondisi seperti ini otomatis membuat stang atau komstir tidak stabil.

    Baca juga: Waspadai Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

    Bagian shockbreaker memiliki peran penting, yaitu membantu mencengkeram roda dan menyerap kejutan yang dialami saat di permukaan jalan yang tidak rata. Jika settingan karet tidak benar atau bergeser, itulah yang menimbulkan ketidakstabilan kendaraan saat melaju.

    Solusi tercepat adalah motor kamu harus dibawa ke tempat service untuk bisa diperbaiki shockbreaker nya. Karena jika dibiarkan, maka akan berakibat fatal setelahnya.

    4. Isi angin ban yang sesuai

    Terkadang ban terasa goyang disebabkan oleh angin ban yang mulai berkurang, sehingga motor terasa berat dan tidak stabil. Solusinya adalah isi angin ban dengan tekanan yang pas. Jangan sampai ban terlalu kempes karena rawan untuk bocor. 

    5. Ganti ban Baru

    Solusi lainnya yang bisa dilakukan adalah mengganti ban baru. Namun, hal ini berlaku jika memang terjadi gangguan yang besar terhadap ban. Konsultasikan dahulu dengan teknisi apakah hanya diperbaiki ulang atau harus mengganti ban.

    Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Spion Mobil Juga Wajib Dirawat!

    Untuk menghindari bahaya ini, penting untuk secara teratur memeriksa kondisi ban motor dan memastikan bahwa mereka dalam kondisi yang baik. 

    Jika kamu mendapati ban motor goyang atau mengalami masalah lain dengan ban, segera periksakan ke bengkel motor untuk perbaikan. 

    Selain itu, selalu mengendarai sepeda motor dengan hati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas untuk mengurangi risiko kecelakaan. Hindari kondisi jalan yang berlubang, tidak rata dan rusak untuk menjaga optimalitas ban.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait