Minggu, Juni 16, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCepat dan Aman, Ini 8 Cara Membasmi Kutu Kasur

    Cepat dan Aman, Ini 8 Cara Membasmi Kutu Kasur

    Tidur nyenyak tanpa diganggu, begini 8 cara membasmi kutu kasur dengan cepat, aman, dan mudah.

    News.OLX – Pernahkah kamu merasa gatal-gatal misterius saat tidur? Waspada, itu bisa jadi tanda kehadiran kutu kasur, si pengganggu kecil yang gemar menghisap darah saat kamu terlelap! Namun, kamu tidak sendiri! Banyak orang yang bergumul dengan masalah ini.

    Oleh karena itu, kami membawa kabar baik untukmu, yaitu cara membasmi kutu kasur dengan cepat, aman, dan mudah.

    Penasaran bagaimana cara membasmi kutu kasur tersebut? Berikut 8 senjata ampuh yang bisa kamu gunakan.

    1. Vacuum Cleaner

    Cara membasmi kutu kasur yang pertama adalah membersihkan area kamar dengan vacuum cleaner. Mulai dari area tempat tidur (dipan dan kasur) hingga perabotannya.  

    Hal ini karena pembersih vakum mempunyai kemampuan untuk menyedot debu atau partikel kecil yang tak kasat mata. Dengan alat ini, kutu pun akan turut tersedot ke dalamnya.

    2. Jemur Kasur

    Habitat kutu adalah tempat yang kotor juga lembab. Di sisi lain, kutu memiliki ketertarikan tinggi terhadap juga suhu panas tubuh, sehingga ia akan merayap ke area kulit yang terekspos kemudian menggigit dan mengisap darah. 

    Oleh karena itu, setelah kamu bersihkan kasur dan perabot yang terinfeksi kutu, segera jemur di bawah terik matahari untuk mematikan sisa kutu. Dengan menjemurnya, kamu menghindarkan area tempat tinggal kutu yang lembab.

    3. Cuci dengan Air Panas

    Sementara perlengkapan lain, seperti seprai, selimut, bed cover, sarung bantal guling, gorden, dan lain-lain bisa kamu cuci dengan air panas. Namun, sebelum mencucinya, pastikan untuk memisahkannya dari pakaian yang tidak terkontaminasi kutu.

    4. Simpan Benda di Tempat Tertutup Rapat

    Perhatikan sekeliling, cari tahu di mana kutu bersarang. Jika ia bersarang di lokasi atau benda yang tidak memungkinkan untuk dicuci, seperti buku, cobalah cari benda lain yang tertutup rapat. Kemudian, letakkan benda tersebut di wadah tertutup.

    Dengan meletakkannya di wadah tertutup, lama kelamaan kutu akan kehabisan oksigen dan akhirnya mati.

    5. Tambahkan Silica Gel atau Kapur Barus di Tempat Penyimpanan

    Selanjutnya, kamu bisa tempatkan silica gel atau kapur barus di lemari penyimpanan. Kapur Barus mampu menghambat pertumbuhan kutu, sedangkan silica gel bisa menjebaknya hingga ia menempel pada gel tersebut. 

    Setelahnya, kamu bisa bersihkan tungaunya. Namun, perlu juga diperhatikan. Jangan memindahkan barang yang terkontaminasi kutu ke area lain agar kutu tidak menyebar.

    6. Ramuan Pembasmi Kutu Kasur

    Cara membasmi kutu kasur berikutnya dengan memanfaatkan minyak tanah dan kapur barus. Pertama-tama, gerus kapur barus hingga menjadi bubuk. Kemudian, campurkan dengan minyak tanah.

    Gunakan ramuan tersebut untuk menyemprot area-area yang menjadi sarang kutu. Kamu juga bisa semprotkan di area terdekat dengan sofa, kasur, gorden, atau karpet.

    7. Insektisida

    Jika cara di atas belum berhasil, kamu bisa menggunakan obat insektisida khusus untuk mematikan kutu. Untuk membelinya juga mudah, kamu bisa cari di toko pertanian atau beli saja di marketplace seperti OLX. Kemudian, ikuti petunjuk penggunaan.

    Namun, pastikan untuk membeli cairan insektisida yang aman dan tidak memiliki bau yang mengganggu pernapasan, ya.

    8. Jasa Pembasmi Kutu dan Serangga

    Apabila kamu terlalu repot melakukan hal di atas, serahkan pada ahlinya. Kamu bisa cari informasi terkait jasa pembasmi kutu dan serangga melalui internet. Kemudian, hubungi untuk mendapatkan layanannya.

    Itulah 8 cara membasmi kutu kasur yang mudah dan cepat, pastinya cara di atas aman. Buat kamu yang sedang mencari produk pembasmi kutu kasur, sudah cek OLX? Jika belum, cek sekarang! Atau gunakan aplikasi OLX yang bisa kamu unduh melalui Google Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait