Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Abaikan, Ini Ciri Filter Udara Motor Minta Diganti

    Jangan Abaikan, Ini Ciri Filter Udara Motor Minta Diganti

    Filter udara yang terdapat pada sepeda motor adalah komponen yang ditugaskan untuk menyaring udara sebelum masuk ke dalam ruang pembakaran mesin.

    News.OLX – Artinya, jika saringan udara kotor, maka suplai udara ke ruang bakar akan terhambat. Tidak hanya itu, masih ada beberapa dampak negatif yang mungkin saja terjadi apabila filter motor dibiarkan kotor. Oleh karena itu, perawatan berkala terhadap komponen filter udara sangat penting untuk dilakukan.

    Ciri filter udara kotor

    Saringan udara yang kotor atau rusak dapat mengakibatkan berbagai masalah pada mesin sepeda motor. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali berbagai tanda filter udara yang kotor. Apa ciri-ciri filter udara koto? Simak informasinya berikut ini:

    1. Komponen filter tampak kotor secara visual

    Salah satu ciri yang paling mudah diperhatikan yaitu tampilan visual komponen filternya. Jika kamu melihat filter berdebu atau berubah warna menjadi cokelat kehitaman, ini menandakan adanya penumpukan kotoran pada permukaan saringan udara.

    2. Masin sulit dinyalakan

    Jika kamu merasakan motor menjadi lebih sulit untuk dinyalakan, ini bisa menjadi salah satu tanda filter udaranya kotor. 

    Baca juga: Filter Udara Punya Peran Penting di Motor Injeksi, Begini Cara Merawatnya

    Hal ini karena filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara menuju ke ruang pembakaran mesin. Sehingga, kondisi tersebut bisa membuat proses pembakaran menjadi tidak optimal. 

    3. Suara mesin jadi lebih kasar

    Saat filter udara sudah kotor, aliran udara yang masuk ke mesin lebih terbatas, sehingga mempengaruhi pembakaran menjadi tidak efisien. Pembakaran yang tidak seimbang ini dapat menghasilkan getaran atau suara yang tidak normal dari mesin.

    4. Keluar asap

    Filter yang kotor dapat mempengaruhi komposisi campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Apabila udara yang masuk tidak bersih, maka pembakaran menjadi tidak sempurna dan dapat menghasilkan emisi asap hitam. 

    5. Bahan bakar lebih cepat habis

    Tidak hanya menimbulkan asap hitam, filter udara yang kotor juga bisa membuat penggunaan bahan bakar lebih boros dari biasanya. Hal ini karena mesin harus bekerja lebih keras untuk bisa menghasilkan daya atau energi. 

    Filter udara 2

    Tips merawat filter udara motor

    Filter udara perlu dirawat untuk memperpanjang usia pakainya. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips perawatan yang bisa kamu lakukan. 

    Baca juga: Masalah Pada Filter Udara Bisa Biang Keladi Bahan Bakar Boros

    1. Cek kondisi filter udara

    Kamu perlu memeriksa saringan udara secara teratur untuk memastikan bahwa tidak ada penumpukan kotoran yang signifikan atau kerusakan pada filter. Kamu dapat membuka penutupnya dan memeriksa secara visual apakah filter terlihat kotor, berdebu, atau rusak. 

    Kamu juga perlu memastikan apakah ada retakan atau sobekan pada filter yang mengakibatkan udara tidak terfilter dengan baik. Jika melihat tanda-tanda kerusakan atau penumpukan kotoran, maka solusinya yakni membersihkan atau mengganti filter udara. 

    2. Bersihkan secara rutin

    Jika filter udara kotor dan masih memungkinkan untuk dibersihkan, maka solusi satu-satunya yakni pembersihan rutin. Kamu bisa menggunakan kompresor udara atau semprotan angin untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

    Baca juga: Sebelum Touring, Ini Pengecekan dan Perawatan Motor yang Harus Dilakukan

    Namun, khusus untuk jenis saringan udara yang memiliki lapisan oli, baiknya tepuk permukaan filter dengan lembut untuk menghilangkan kotorannya. Sebab hal ini jika disemprotkan dengan kompresor, lapisan oli akan hilang dan pori-porinya akan terbuka. 

    3. Ganti filter secara rutin

    Tips perawatan terakhir adalah melakukan penggantian komponen saringan udara secara berkala sesuai interval yang direkomendasikan oleh pabrikan. Jika masih ragu, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan ahli mekanik yang ada di bengkel. 

    Umumnya, motor matic waktu ganti filter yang direkomendasikan yaitu setiap 12.000 km sampai 15.000 km atau sekitar 12-15 bulan sekali. Sedangkan khusus motor bebek, adalah setiap interval 10.000 km atau 10 bulan sekali.  

    Baca juga: Penyebab Karburator Motor Banjir dan Cara Mengatasinya

    Tentunya, kamu perlu melakukan perawatan yang tepat agar usia pakai saringan udara kendaraan menjadi lebih lama, sehingga kamu tidak perlu sering mengganti komponennya. Dengan begitu, tentunya kamu akan semakin menghemat perawatannya juga.

    Untuk mendapatkan berbagai informasi dan tips lainnya seputar otomotif, download aplikasi OLX melalui Play Store dan App Store.  

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait