Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPenyebab dan Cara Atasi Mesin Mobil Cepat Panas

    Penyebab dan Cara Atasi Mesin Mobil Cepat Panas

    Penggunaan bahan bakar yang tidak tepat bisa bikin mesin mobil cepat panas.

    News.OLX – Pemilik mobil pasti setidaknya pernah merasakan mesin mobil tiba-tiba menjadi lebih cepat panas saat dikendarai. Jika kamu mengalami hal tersebut, maka dapat dipastikan bahwa mobil mu sedang bermasalah.

    Untuk itu, mari kita ketahui apa saja penyebab mesin mobil cepat panas dan bagaimana cara mengatasinya? Informasi lengkapnya, perhatikan informasi berikut ini!

    Penyebab mesin mobil cepat panas dan cara mengatasinya

    Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mesin mobil cepat panas atau overheating dan perlu kamu ketahui juga bagaimana cara mengatasinya.

    1. Radiator 

    Jika radiator mengalami kerusakan, maka berpotensi besar menjadi penyebab mesin mobil cepat panas. Seperti yang kita ketahui, bahwa fungsi utama dari radiator ini adalah menjaga kestabilan suhu mobil.

    Baca juga: Salah Pilih Pelumas Bisa Bikin Mesin Mobil Jebol Kepanasan

    Apabila komponen mobil bermasalah atau bahkan rusak. Bisa dipastikan sirkulasi air radiator akan tersumbat dan menyebabkan mesin mobil cepat panas. Untuk mengatasi kondisi tersebut, sebaiknya kamu perlu mengganti radiator yang rusak.

    Jangan lupa ganti cairan radiator jika jarak tempuh mobil sudah 20.000 km atau lebih.

    2. Kipas pendingin

    Kipas pendingin yang mengalami kerusakan bisa juga menjadi salah satu penyebab mesin mobil menjadi cepat panas. Sebagaimana kita ketahui, fungsi komponen ini adalah untuk menyedot udara dingin yang berasal dari luar.

    Jika komponen ini rusak, tentunya kipas pendingin tidak bisa berputar dengan optimal sehingga proses penyedotan udara dingin tidak dapat dilakukan dengan baik.

    Baca juga: 6 Penyebab AC Mobil Jadi Panas

    Kamu bisa membetulkan bagian dinamo kipas pendingin atau bisa juga cek posisi kipas pendingin. Jika posisi kipas tersebut terbalik, maka udara yg tersedot adalah hanya udara panas.

    3. Salah penggunaan cairan radiator

    Cairan radiator juga memiliki peran yang penting terhadap kondisi suhu mesin mobil. Apabila salah, maka sangat berpotensi membuat suhu mesin mobil menjadi lebih cepat panas.

    Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan cairan radiator dengan kualitas yang baik. Hal ini bisa kamu komunikasikan dengan dealer atau bengkel terpercaya agar mobil kamu bisa mendapatkan cairan radiator terbaik.

    Panas (1)

    4. Thermostat

    Masalah yang dialami pada thermostat mobil juga dapat menyebabkan mesin mobil cepat panas. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa thermostat bagaikan otak dari komponen radiator.

    Baca juga: Ini 5 Ciri – Ciri, Oli Gardan Mobil Harus Segera Diganti

    Apabila suhu radiator tinggi, maka thermostat akan menjaga air agar tetap berada di dalam radiator. Untuk mengatasi hal ini, kami bisa mengganti komponen thermostat d bengkel professional atau dealer resmi mobil.

    5. Seal (karet penutup)

    Kerusakan yang terjadi pada karet penutup atau seal radiator seperti pecah atau getas juga dapat menyebabkan mobil cepat panas. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengganti bagian karet penutup atau seal radiator yang rusak dengan yang baru.

    6. Penggunaan oli

    Banyaknya merek oli serta beredarnya oli palsu membuat banyak pemilik mobil mudah tertipu. Padahal, penggunaan oli yang kurang berkualitas ini bisa berpotensi menyebabkan mesin mobil menjadi cepat panas.

    Baca juga: Oli Mobil Berwarna Hitam, Apakah Tanda Mesin Bermasalah?

    Oleh karena itu, gunakanlah oli dengan kualitas yang baik untuk menjaga keutuhan mobil kamu.

    7. Penggunaan bahan bakar

    Setiap mobil sudah didesain menggunakan bahan bakar atau oktan tertentu sehingga pemilik mobil hanya perlu menyesuaikan dengan oktan dan jenis bahan bakar yang sesuai saja.

    Jika bahan bakar yang digunakan masih saja tidak digunakan sebagaimana mestinya, bisa menyebabkan knocking. Untuk mengatasi hal ini, gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi.

    8. Water pump

    Pernahkan kamu merasakan perputaran air radiator terhambat? Hal ini bisa jadi karena water pump yang rusak. Untuk mengganti hal tersebut, segera lakukan penggantian komponen yang rusak dengan yang baru!

    Baca juga: Beda dengan Mobil Konvensional, Begini Cara Merawat Mobil Listrik

    Demikian ulasan mengenai penyebab mesin mobil cepat panas dan cara mengatasinya. Kamu bisa dapatkan berbagai  informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX

    Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait