Sabtu, Juni 15, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPerlukah Angkat Wiper Saat Mobil Parkir?

    Perlukah Angkat Wiper Saat Mobil Parkir?

    Jangan asal angkat wiper pas parkir kalau nggak tau faktanya!

    Seringkali kita mendengar nasihat dari sesama pemilik mobil bahwa wiper harus diangkat saat mobil diparkir di bawah terik matahari. Alasannya, untuk menjaga agar karet wiper tidak mengeras, meleleh dan agar wiper tetap awet.

    Tak ayal, seringkali dijumpai banyak mobil yang terparkir dengan kondisi wiper yang terangkat. Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah hal ini benar-benar diperlukan untuk menjaga kondisi wiper? Untuk mengetahuinya, yuk kita telaah lebih dalam melalui artikel berikut ini.

    Tidak perlu diangkat

    Menurut Maria Kayla Augusta, seorang Channel Marketing Officer dari Bosch Automotive Indonesia, tidak selalu perlu mengangkat wiper saat memarkir mobil. 

    Ini berlaku asalkan karet wiper yang terpasang sudah berkualitas. Karet wiper yang beredar di pasaran umumnya sudah disesuaikan dengan iklim di Indonesia agar tidak mudah mengeras atau getas.

    Baca juga: Jangan Cuma Perhatikan Wiper dan Ban di Musim Hujan, Kolong Mobil Juga Perlu

    “Tidak perlu khawatir karet jadi getas atau lengket karena meleleh ke kaca depan mobil,” kata Kayla, seperti dikutip Kompas.com, Jumat 15 September 2023.

    Pernyataan ini mengungkapkan fakta bahwa pemilik mobil tidak perlu khawatir tentang karet wiper yang menjadi getas atau lengket akibat paparan sinar matahari secara langsung. 

    Jadi, mengangkat wiper saat parkir sebenarnya tidak perlu dilakukan jika komponen karet wiper sudah memiliki kualitas yang baik. “Jadi tidak perlu lagi diangkat-angkat,” sambung Kayla.

    Mengangkat wiper justru berpotensi merusak komponen ini

    Terkait dengan risiko mengangkat wiper, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah potensi kerusakan pada wiper dan kaca depan mobil jika wiper tersenggol dan jatuh saat dalam posisi terangkat. 

    Baca juga: Musim Hujan Datang, Cek Fungsi Wiper Agar Berfungsi Maksimal

    Selain itu, per wiper arm yang terus-menerus menegang karena dalam posisi terangkat bisa membuat komponen tersebut mudah rusak. Oleh karena itu, lebih baik berusaha memarkir mobil di lokasi indoor daripada di lahan terbuka untuk memperpanjang usia pakai wiper.

    Namun, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk merawat wiper mobil tanpa perlu mengangkatnya saat parkir di bawah sinar matahari. Berikut penjelasannya.

    parkir 2

    Tips sederhana merawat wiper

    Salah satu cara sederhana dalam merawat wiper adalah dengan menggunakan kertas atau penyangga wiper yang dilapisi dengan kain microfiber di antara kaca mobil dan karet wiper mobil. 

    Dengan cara ini, kamu dapat menjaga kondisi wiper agar lebih awet dan tahan lama. Karet wiper tidak akan mudah mengeras, dan pegasnya pun tidak akan mengalami penurunan kekuatan.

    Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Sensor Parkir Mobil

    Selain itu, jika kamu memarkir mobil di bawah terik matahari langsung, kamu dapat mengangkat wiper untuk sementara waktu. 

    Namun, saat mobil diparkir di tempat yang teduh atau dalam ruangan, tidak perlu mengangkat wiper tersebut. Dengan melakukan kedua cara ini, kamu dapat merawat wiper tanpa harus mengangkatnya setiap kali parkir. 

    Penting untuk diingat bahwa perawatan wiper mobil bukan hanya tentang apakah harus mengangkatnya saat parkir atau tidak, tetapi juga tentang pemilihan kualitas karet wiper yang baik. 

    Jika kamu merasa karet wiper sudah mulai mengeras atau tidak bekerja dengan baik, segera gantilah karet tersebut demi efektivitas kerja wiper saat menyapu permukaan kaca. 

    Jadi, mengangkat wiper saat parkir sebenarnya tidak perlu dilakukan jika karet wiper sudah berkualitas baik. Namun, ada beberapa cara lain yang dapat kamu terapkan untuk merawat wiper tanpa mengangkatnya, seperti menggunakan penyangga khusus atau memarkir di tempat yang teduh. 

    Baca juga: Jangan Asal Parkir, Ketahui Aturan dan Sanksinya

    Tetap perhatikan kualitas karet wiper dan gantilah jika perlu untuk memastikan wiper bekerja dengan baik. Dengan demikian, kamu dapat memperpanjang usia pakai wiper mobilmu tanpa harus repot-repot mengangkatnya setiap kali parkir.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait