Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPenyebab dan Cara Atasi Rem Mobil Kurang Pakem

    Penyebab dan Cara Atasi Rem Mobil Kurang Pakem

    Rem mobil yang kurang pakem jangan dibiarkan!

    News.OLX – Kecelakaan viral di exit tol Bawen yang baru saja terjadi penyebabnya adalah membiarkan kondisi rem yang kurang pakem sehingga berdampak rem blong saat ingin berhenti untuk menghindari pengemudi di depannya.

    Demi menjaga keamanan kamu saat berkendara, pentingnya memiliki rem mobil yang pakem, gesit dan nyaman saat digunakan. Namun, jika kamu merasa saat pengereman kurang pakem, sebaiknya untuk kamu mengecek kondisi pada sistem rem mobil kamu.

    Karena rem mobil yang kurang pakem bisa menjadi masalah serius yang mengancam keselamatan berkendara.

    Penyebab rem mobil kurang pakem

    Berikut beberapa penyebab umumnya serta cara mengatasinya:

    1. Kampas rem yang aus

    Kampas rem yang sudah aus akan mengurangi daya menahan dan kinerja rem. Ini adalah penyebab umum rem kurang pakem.

    Jika dibiarkan saja, kampas rem akan terkikis dan permukaannya menjadi rusak sehingga jika pengereman tidak bekerja, maka akan terjadi rem blong.

    2. Cakram rem aus atau tidak merata

    Sama halnya seperti di kampas, pada cakram rem jika ditemukan aus atau tidak rata, permukaannya tidak akan memberikan daya cengkram yang baik pada kampas rem karena kedua komponen ini saling bekerja satu sama lain.

    Jadi jika yang mengalami kerusakan diantara cakram rem atau kampas rem, maka akan berpengaruh satu sama lain sehingga saat pengereman, sistem terasa seperti tidak maksimal.

    3. Cairan rem yang terkontaminasi

    Sering diremehkan oleh pemilik mobil, padahal cairan rem penting untuk menjaga kinerja di sistem pengereman. Jika cairan rem terkontaminasi oleh udara atau kotoran luar, maka akan mengurangi efisiensi rem.

    4. Bocor pada sistem rem

    Kebocoran juga bisa terjadi pada sistem rem, seperti selang rem yang bocor atau silinder master yang bocor. Hal – hal tersebut dapat berdampak buruk pada mobil yaitu mengurangi tekanan pada sistem rem sehingga rem terasa ringan dan tidak berfungsi.

    5. Pad rem tidak rata

    Jika pad rem tidak terpasang dengan rata pada cakram rem, ini bisa menyebabkan rem kurang pakem. Karena tekanan pada piringan menjadi tidak maksimal dan terjadi gesekan yang berlebihan yang menyebabkan komponen di sistem rem yang lain akan mengalami aus.

    6. Tekanan udara ban yang tidak sesuai

    Terdengar sepele, tetapi tekanan udara ban juga berpengaruh terhadap kinerja di sistem pengereman. Jika tekanan ban terlalu rendah dapat mengurangi efisiensi rem, terutama pada rem cakram.

    pakem (1)

    Cara mengatasi rem mobil kurang pakem

    Pilihan terbaik jika dirasa rem mobil kamu kurang pakem adalah membawa ke bengkel terdekat dan konsultasikan kepada teknisi mengenai permasalahan pada sistem pengereman.

    Beberapa poin di bawah ini adalah bagian-bagian yang kamu wajib selidiki saat service mobil kesayangan kamu :

    1. Periksa kondisi cakram rem dan kampas rem

    Karena kedua komponen ini saling berkaitan, maka lebih baik jika kamu mengecek kondisi kedua komponen ini secara bersamaan.

    Jika kampas rem aus, segera gantilah dengan yang baru. Pastikan untuk mengganti kampas rem pada kedua roda belakang atau kedua roda depan untuk menjaga keseimbangan.

    Lalu untuk cakram rem aus atau tidak rata, konsultasikan dulu apakah perlu diganti atau tidak. Jika dilakukan penggantian, lakukan hal tersebut pada kedua roda belakang atau kedua roda depan jika diperlukan.

    2. Ganti Cairan Rem

    Jangan lupa untuk mengecek kondisi cairan rem dan gantilah cairan rem secara berkala sesuai dengan panduan produsen mobil. Gunakan juga jenis cairan rem yang sesuai dengan rekomendasi bengkel.

    3. Periksa dan Perbaiki Kebocoran

    Konsultasikan dengan teknisi dengan memeriksa sistem rem secara menyeluruh jika mengalami kebocoran. Lalu perbaiki kebocoran yang ditemukan segera.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga bisa mencari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait