Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriSuzuki Swift Masih Banyak Diburu Pembeli Mobil Bekas, Apa Keistimewaannya?

    Suzuki Swift Masih Banyak Diburu Pembeli Mobil Bekas, Apa Keistimewaannya?

    Meski sudah tidak dijual di Indonesia, Suzuki Swift bekas masih banyak diminati dan dicari orang, khususnya pembeli. mobil bekas yang menginginkan mobil hatchback dengan harga murah serta kualitas terbaik.

    JAKARTA – Suzuki Swift merupakan mobil hatchback yang sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2005. Kala itu Suzuki Swift masih menjadi rival dari Honda Jazz dan Toyota Yaris yang bersaing pada segmen mobil hatchback. Beda dengan rivalnya, desain dari Suzuki Swift cukup berbeda dari lainnya karena tampil lebih simpel menjadi city car ala Eropa dan Amerika.

    Ketika Honda Jazz generasi pertama memiliki tampilan elegan dan minimalis, Toyota Yaris memberikan kesan sporty. Sedangkan Suzuki Swift tampil menjadi hatchback simpel ala Eropa dan Amerika. Apalagi dimensinya yang kecil membuat mobil ini nyaman digunakan di dalam kota.

    Kalau saat generasi pertama Suzuki Swift diimpor secara utuh, dua tahun kemudian Suzuki Indonesia merakitnya di Bekasi pada November 2007 karena pangsa pasar yang meningkat. 

    Sejak tahun 2005 hingga 2017, peminat dari Suzuki Swift ini terbilang cukup banyak. Sejak dirilis pertama kali sudah ada beberapa pembaharuan dari desainnya yang tampil makin sporty. 

    Meski sudah tidak dijual lagi di Indonesia sejak tahun 2017, Suzuki Swift ini sudah memiliki generasi baru pada tahun 2020 yang dijual di pasar Internasional. Namun cukup banyak mobil Suzuki Swift bekas yang masih banyak peminatnya. Bahkan hingga saat ini harga jual kembalinya pun terbilang cukup stabil.

    Nah, bila Anda berminat bisa menyimak review Suzuki Swift yang dijual di Indonesia sebagai berikut.

    Baca juga: Suzuki S-Presso, City Car Mungil Bergaya SUV Sporty

    Spesifikasi Mesin Suzuki Swift

    Spesifikasi mobil suzuki swift
    Suzuki Swift 1.4 GX Bensin (M/T) (olx.co.id)

    Dirilis di Indonesia sejak tahun 2005, Suzuki Swift merupakan mobil hatchback yang dibekali dengan mesin 1.5L (M15A). Suzuki Swift generasi pertama untuk pasar Indonesia pada awalnya tersedia dalam dua tipe, yaitu GT dan GL, yang merupakan versi CBU Jepang.

    Untuk versi faceliftnya dari Suzuki Swift yang dirakit di Indonesia terdapat dua tipe yang ditawarkan yaitu GT2 (dengan body kit Swift Sport) dan ST (standar). Selang dua tahun kemudian, versi baru dengan tipe GTS yang dikenalkan pada tahun 2009. Tipe GTS ini memiliki body kit yang berbeda dari GT2 dan posisi knalpot yang berada di tengah.

    Pada bulan Juni 2010, tipe GT2 digantikan dengan tipe GT3. Produksi Swift generasi pertama dihentikan pada tahun 2010 namun terus berlanjut sampai 2011 di India, 2012 di Indonesia.

    Pada Generasi keduanya, Suzuki Swift dirilis di Indonesia pada tahun 2012 yang ditawarkan dengan dua tipe mesin 1.4L (K14B) dan 1.6L (M16A) untuk varian Swift Sport. 

    Pada setiap generasi barunya, terlihat ada perubahan pada mesin yang membuatnya semakin bertenaga. Selain itu ada pula perubahan pada desain eksterior dan interior yang membuatnya tampil sporty.

    Baca juga: Beberapa Jenis dan Tipe Mobil Suzuki Beserta Harganya

    Interior

    Interior dalam mobil suzuki swift
    Suzuki Swift 1.4 GX Bensin (M/T) (olx.co.id)

    Desain interior dari Suzuki Swift memang tampil simpel. Sebagai hatchback yang dikembangkan menjadi MPV seperti Suzuki Ertiga, penampilan di dalam interiornya pun hampir sama. 

    Pada bagian dashboard masih menggunakan bahan plastik keras, selain itu dari sisi penampilannya sebagai hatchback memang tidak tampil sporty seperti pada sisi eksteriornya. Pada bagian kemudi telah memiliki fitur komplit yang disetting secara tilt dan telescopic.

    Terdapat dua baris kursi yang dapat menampung 5 penumpang. Material dari kursi mobil Suzuki Swift ini pun terlihat senada dengan dashboard. Pada setiap kursinya pun sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik.

    Secara kenyamanan di dalam kabin, ruangannya pun cukup pas bagi postur badan orang pada umumnya. Namun bagi yang penumpang dan pengemudi yang memiliki postur tinggi tentu akan merasa terbatas. Pada bagian bagasi sendiri dapat menampung volume hingga 204 liter.

    Baca juga: Review dan Spesifikasi Lengkap All New Suzuki Ertiga

    Eksterior

    Eksterior mobil suzuki swift
    Suzuki Swift 1.4 GX Bensin (M/T) (olx.co.id)

    Sebagai hatchback yang pernah menjadi andalan Suzuki, desain dari eksterior terlihat simpel dan kompak. Untuk beberapa varian sportnya, memang terlihat aura sporty yang kental dengan berbagai penambahan body kit yang keren.

    Namun untuk tipe-tipe biasa, penampilannya pun terlihat sangat simpel ala city car Eropa maupuan Amerika. Untuk desain Suzuki Swift generasi pertama yang muncul di Indonesia, kesannya seperti Mini Cooper. 

    Terdapat lampu utama dengan ukuran besar serta grill dengan desain sederhana dan disematkan logo Suzuki pada bagian tengahnya. Mobil ini juga dilengkapi dengan lampu kabut serta lubang udara pada bagian bumper depan yang membuatnya terlihat sporty.

    Pada bagian belakang disematkan stop lamp dengan rear combination lamp dengan desain memanjang sampai bagian samping mobil. Untuk Suzuki Swift ini menggunakan velg 16 inci. 

    Baca juga: Cari Crossover Bergaya Elegan? Suzuki SX4 S-Cross Paling Direkomendasikan

    Fitur

    Suzuki Swift hadir sebagai hatchback yang memiliki fitur yang cukup mumpuni untuk menemani perjalanan di perkotaan. Pada sisi hiburan, mobil ini disematkan sistem audio Double DIN untuk mendengar musik kesukaan melalui radio AM/FM atau CD player.

    Pada Suzuki Swift bertransmisi otomatis disematkan fitur cruise control untuk menjaga kecepatan mobil secara konstan saat melaju di jalan tol. Untuk fitur keselamatan terdapat  dual SRS Airbag, penggunaan rem cakram depan-belakang, dan fitur pengereman seperti ABS, EBD, dan BA.

    Selain itu Sasis Suzuki Swift dibuat menggunakan baja super kuat dengan teknologi TECT (Total Effective Control Technology) untuk jaminan keamanan & bobot bodi yang lebih ringan. 

    Baca juga: Suzuki Splash, City Car Mungil dan Unik, Segini Harga Bekasnya

    Harga Suzuki Swift 2023

    Harga Baru

    Setelah mengetahui mengenai mobil hatchback dari pabrikan Suzuki ini tentu sudah memahami sedikit banyak tentang kelebihan mobil dengan desain kompak yang satu ini. Untuk varian terbarunya, kabarnya Suzuki akan merilisnya pada April 2023 nanti. Namun tidak dipasarkan di Indonesia tapi di Thailand. Untuk rilisnya di Indonesia sendiri belum terdapat informasi yang pasti akan masuknya hatchback satu ini. 

    Memiliki penampilan baru, harga yang ditawarkan dari Suzuki Swift 2023 ini diperkirakan mencapai Rp 214,5 – 222,5 Juta. 

    Harga Bekas

    Sedangkan untuk harga mobil bekasnya pun bervariatif.

    • Suzuki Swift tahun 2006 seharga Rp70-90 jutaan
    • Suzuki Swift tahun 2007 seharga Rp80-100 jutaan
    • Suzuki Swift tahun 2008 seharga Rp80-110 jutaan
    • Suzuki Swift tahun 2009 seharga Rp80-120 jutaan
    • Suzuki Swift 2010 seharga Rp90-125 jutaan
    • Suzuki Swift 2011 seharga Rp90-125 jutaan
    • Suzuki Swift 2012 seharga Rp90-125 jutaan
    • Suzuki Swift 2013 seharga Rp90-130 jutaan
    • Suzuki Swift 2014 seharga Rp100-200 jutaan
    • Suzuki Swift 2015 seharga Rp100-150 jutaan

    Nah, setelah mengetahui review mengenai Suzuki Swift ini Anda bisa menentukan tipe mana yang akan dipilih. Jangan lupa untuk membeli mobil pada dealer atau showroom terpercaya yang memberikan garansi seperti OLX Autos. 

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait