Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMengenal Thermostat Mobil, Fungsi dan Cara Kerjanya

    Mengenal Thermostat Mobil, Fungsi dan Cara Kerjanya

    Thermostat mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi untuk menjaga suhu

    JAKARTA – Pada sebuah mobil terdapat banyak sekali komponen yang tersusun secara komplek untuk menggerakan mesin hingga menunjang berbagai fitur di dalam mobil untuk kenyamanan dalam berkendara. Dalam setiap rangkaian mesin, memiliki berbagai komponen yang memiliki fungsi dan peran yang penting. Sehingga bila salah satu komponen rusak, bisa mengakibatkan komponen lain tidak bekerja secara semestinya.

    Hal ini pun berlaku terhadap sebuah thermostat pada mobil. Sebuah komponen kecil yang memiliki peranan cukup penting dalam sebuah mesin mobil.

    Thermostat ini ini merupakan komponen yang berada di jalur cairan pendingin mesin pada mobil yang menuju radiator. Memiliki fungsi untuk mengatur cairan pendingin yang ada pada mesin mobil, komponen ini pun tidak kalah penting untuk dirawat secara baik.

    Karena benda ini dapat mencegah mesin menjadi overheat atau kepanasan saat bekerja dengan mengatur pendinginannya. Menstabilkan suhu mesin tentu akan berpengaruh pada kinerja mesin mobil itu sendiri saat digunakan. 

    Baca juga: Mengetahui Thermostat Mobil Rusak, Ciri-ciri, Cara Mengatasi dan Perawatannya

    Berikut ulasan mengenai fungsi thermostat dan cara kerjanya dalam mengatur suhu pada mesin mobil.

    Fungsi Thermostat Mobil

    Sebuah benda kecil yang bernama thermostat memiliki fungsi untuk mengatur cairan pendingin yang ada pada mesin mobil. Menjadi salah satu komponen pada rangkaian pendingin mobil, thermostat mampu mencegah mobil dalam keadaan overheat dan menjaga kestabilan suhunya.

    Meski ukurannya yang terlihat sepele, thermostat ini mampu mendinginkan mobil dalam jangka waktu yang cepat. Dapat memberikan dampak yang cukup besar, tingginya perputaran komponen pada mobil selalu berpengaruh terhadap suhu yang meningkat.

    Maka dari itu keberadaan thermostat ini sangat penting agar mobil tidak dalam keadaan overheat dan memberikan dampak buruk karena thermostat bermasalah atau sampai dilepas dari mobil. 

    Pada mesin mobil sendiri memiliki suhu ideal 80-92 derajat celcius saat digunakan. Thermostat ini pun sudah diatur sedemikian rupa saat mobil dalam keadaan suhu yang tinggi akan langsung bekerja untuk mendinginkannya menggunakan sistem pendinginan. 

    Adanya suhu yang tetap terjaga ini tentu akan menghemat konsumsi dari bakar itu sendiri. Selain itu pada thermostat terdiri dari dua katup logam otomatis dan memiliki fungsi yang berbeda. Katup buka dan tutup thermostat mobil dapat mengendalikan air panas pada ruang mesin dan air dingin pada radiator.

    Fungsi thermostat mampu mengatur cairan pendingin yang dialirkan sehingga membuat mesin mobil memiliki tenaga yang besar. Dengan demikian, mobil yang dijalankan tanpa thermostat tenaganya akan berkurang.

    Baca juga: Mengenal Alat Pendingin Mesin Mobil: Fungsi, Cara Kerja, Ciri-ciri Kerusakan hingga Perawatannya

    Cara Kerja Thermostat Mobil

    Bekerja dengan mengikuti alur kerja komponen lain pada mesin mobil. Awalnya pada sistem pendinginan mesin mobil, water pump akan memompa air agar mengarah ke mesin mobil. Air yang dipompa ini akan mengelilingi mesin mobil melalui water jacket atau aliran air.

    Air pendingin tersebut membuat suhu panas pada mesin mobil keluar melalui selang yang masuk ke pada radiator. Jika suhu pada mobil ini telah mencapai 85 derajat celcius, thermostat akan aktif untuk membuka katupnya.

    Cairan dengan suhu panas akan dibiarkan mengalir menuju radiator untuk proses pendinginan. Cairan yang telah didinginkan pada radiator selanjutnya akan dialirkan pada mesin dengan tujuan untuk mendinginkan mesin mobil Anda. 

    Suhu normal yang dihasilkan akan membuat mesin mobil dan thermostat yang ada di dalamnya menjadi lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

    Nantinya saat suhu mesin mobil turun, katup ini akan secara otomatis tertutup. Katup thermostat mobil ini nantinya akan bekerja secara otomatis tanpa dikendalikan secara manual karena akan bekerja berdasarkan suhu yang diterimanya.

    Akibat Thermostat Mobil Tidak Bekerja

    Sebagai salah satu komponen pada mobil yang memiliki peranan penting, thermostat memiliki salah satu fungsi yang vital pada mesin mobil. Meski memiliki ukuran kecil, namun thermostat tidak bisa dianggap sepele karena fungsinya yang vitall.

    Bila thermostat tidak bekerja dengan semestinya tentu akan berpengaruh pada mesin mobil saat digunakan. Mesin mobil akan mengalami overheat. Hal ini dapat menyebabkan bahan bakar yang masuk ke dalam mobil tidak seimbag dan memiliki getaran yang besar pada mobil.

    Terkadang saat digunakan kondisi mesin mobil terasa bau gosong, karena sangat panas dan membuat pengemudi merasa panik. Bahkan ada kasus dimana pengemudi harus berhenti sejenak untuk menunggu mesin mobil dingin kembali sebelum digunakan.

    Tentunya kejadian seperti ini akan sangat mengganggu perjalanan Anda yang harus berhenti karena sebuah komponen kecil yang tidak bekerja dengan semestinya. Maka dari itu selalu merawat mobil Anda dalam kondisi prima dan perhatikan beberapa komponen penting.

    Baca juga: Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

    Kisaran Harga Thermostat Mobil

    Thermostat memiliki harga yang beragam di pasaran. Bahkan sampai saat ini cukup banyak pabrik industri otomotif yang sudah membuat thermostat ini dengan berbagai kualitas yang ditawarkan. Banyak sekali merek-merek spare part ternama yang mengeluarkan produk thermostat ini yang bisa Anda temui di berbagai toko otomotif.

    Bila Anda sudah terbiasa belanja di toko spare part otomotif, pasti sudah familiar dengan kualitas original dan KW. Dua tipe ini memberikan dampak yang cukup berbeda saat digunakan. Namun dari segi harga tentu memiliki perbandingan yang jauh.

    Untuk penggunaannya sendiri, bisa Anda tentukan sendiri untuk menggunakan kualitas ori maupun KW. Namun yang lebih aman adalah selalu menggunakan produk asli dan memilih kualitas original demi kebaikan mesin mobil Anda.

    Untuk kisaran harga dari thermostat dengan kualitas original antara Rp150 hingga Rp400 ribu. Sedangkan untuk kualitas KW antara Rp50 hingga Rp90 ribu.

    Nah, setelah Anda mengetahui mengenai thermostat, tentu sudah diketahui bahwa peranan dari komponen ini yang sangat penting. Selalu menjaga kondisi mobil tentu akan membuat harga jual kembali mobil lebih baik daripada dengan kondisi yang kurang prima.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait