Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    LainnyaMengenal Dashboard Mobil, Ini Fungsi, Bagian dan Komponennya

    Mengenal Dashboard Mobil, Ini Fungsi, Bagian dan Komponennya

    Dashboard mobil merupakan bagian yang pasti dimiliki oleh kendaraan beroda empat atau lebih. Keberadaan dashboard mobil ini sangat penting agar bagian depan kabin mobil lebih rapi dan menjadi tempat berbagai komponen lainnya seperti berbagai indikator dan tombol.

    Apabila sebuah mobil tidak memiliki dashboard, tentu pada bagian depan kabin akan terasa sangat berantakan dengan berbagai kabel dan komponen pada mobil yang terekspos. Maka dari itu keberadaan dashboard pada mobil menjadi sangat penting untuk menunjang kenyamanan selama berkendara.

    Sampai saat ini desain dari dashboard mobil ini bermacam-macam. Ada yang terbuat dari material kayu, plastik, fiber, hingga material campuran dengan mengkombinasikannya menjadi satu. Biasanya semakin mahal harga mobil, ada kemungkinan bahwa desain dari dashboardnya juga semakin mewah.

    Karena dengan dashboard yang nyaman dan mewah serta terbuat dari material terbaik, menjadi sebuah kenyamanan tersendiri untuk sebuah mobil yang dibanderol dengan harga mahal. Berikut ulasan mengenai dashboard mobil dari fungsi, bagian hingga komponennya.

    Baca juga: Untungnya Mobil Tanpa Tuas Transmisi dan Konsol di Bagian Tengah

    Fungsi Dashboard Mobil

    Dashboard merupakan salah satu bagian interior kabin yang biasanya terdapat pada bagian depan kendaraan. Fungsi utama salah satu bagian terpenting pada mobil ini adalah sebagai tempat berbagai panel indicator kendaraan. 

    Pada dashboard mobil terdapat berbagai bagian utama, diantaranya seperti speedometer, laci mobil, lampu dashboard, kunci kontak, tuas mobil, head unit, hingga pusat kontrol fitur mobil. Pada dashboard juga terdapat berbagai indikator dan tombol dengan fungsi yang berbeda-beda.

    Dashboard mobil juga kerap menjadi target modifikasi bagi pemilik kendaraan. Selain menjadi meja tatakan hiasan, dashboard juga kerap dimodifikasi sehingga menjadi terlihat lebih menarik. Ada yang menambahkan karpet bulu dengan warna yang mencolok, menambahkan berbagai aksesoris hingga mengubah dashboard menggunakan material kayu sehingga tampak lebih mewah.

    Beberapa pemilik kendaraan juga memanfaatkan dashboard mobil untuk meletakkan kamera perekam. Penggunaan kamera dashboard pada mobil sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat khususnya saat terjadi kecelakaan atau kejahatan karena bisa menjadi bukti yang kuat.

    Baca juga: Mengenal Odometer: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Cara Membacanya

    Bagian Dashboard Mobil

    Dashboard mobil memiliki beberapa bagian penting seperti speedometer hingga laci dan kisi-kisi AC. Selain itu, masih banyak bagian utama dari dashboard mobil lainnya, seperti:

    • Kunci Kontak Mobil

    Dashboard mobil juga menjadi tempat lubang kunci kontak untuk menghidupkan dan mematikan kendaraan. Lokasi kunci kontak ini berada di bagian kanan bawah setir mobil. Untuk mobil jenis terbaru, dashboard mobil juga menjadi tempat untuk tombol start engine. 

    • Head Unit

    Head unit merupakan bagian dari dashboard mobil yang berisi tombol indikator dashboard dan juga fitur-fitur lainnya yang dimiliki oleh kendaraan tersebut. Tidak hanya itu, ada pula bagian head unit yang berfungsi untuk menyalakan fitur hiburan di dalam kabin.

    Head unit terletak di depan tuas atau berada di bagian tengah keseluruhan dashboard. Fitur yang ada di head unit juga memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik dengan menyambungkannya melalui ponsel atau USB. Di pasaran, dikenal dua jenis head unit yaitu 1 DIN dan 2 DIN. DIN sendiri merupakan Deutsche Institut for Normung yang merupakan standar dari pembuatan head unit.

    • Laci Dashboard Mobil

    Laci merupakan salah satu bagian dashboard mobil yang cukup sering digunakan pemilik kendaraan. Komponen ini terletak di depan kursi penumpang yang ada di sebelah pengemudi. Fungsi dari laci mobil ini sebagai tempat menyimpan berbagai barang penting seperti senter, ponsel hingga kotak P3K.

    • Lampu Indikator Mobil

    Bagian utama lainnya yang ada di dashboard mobil adalah lampu indikator. Pada lampu indikator terdapat berbagai komponen penting mulai dari speedometer, kondisi tangki bensin, airbag mobil, dan masih banyak lagi.

    Lampu indikator atau lampu dashboard mobil lokasinya berada di depan pengemudi tepatnya di balik setir mobil. Hal ini bertujuan memudahkan pengemudi untuk melihat dan memperhatikan semua indikator yang ada pada dashboard mobil.

    • Tuas Mobil

    Bagian utama yang ada di dashboard mobil selanjutnya adalah tuas mobil. Komponen penting pada kendaraan ini terletak di sebelah kanan dan kiri setir pengemudi. Posisi tersebut akan memudahkan pengemudi untuk mengontrol fungsi mobil dengan lebih cepat.

    Tuas mobil yang berada di kanan dan kiri setir memiliki berbagai fungsi, antara lain untuk menyalakan lampu depan saat malam hari, menyalakan lampu sein kanan dan kiri hingga menyalakan wiper saat hujan sehingga pengemudi tetap bisa melihat jalanan dengan baik.

    Selain tuas yang berada di kanan dan kiri setir, terdapat pula tuas transmisi yang lokasinya berada di samping pengemudi. Tuas ini berfungsi untuk memindahkan gigi ketika mobil sedang berjalan serta meningkatkan laju kendaraan.

    • Pusat Kontrol Fitur Mobil

    Dashboard mobil juga menjadi tempat atau lokasi pusat kontrol fitur mobil. Komponen ini terletak di bagian tengah dashboard tepatnya di bawah head unit sehingga mudah ditemukan dan dilihat oleh pengemudi.

    Pada bagian pusat kontrol mobil ini, Anda bisa menyalakan AC, mengatur lampu hazard, tempat korek api, charger dan masih banyak lagi. Selain itu, bagian ini juga kerap menjadi lokasi untuk meletakkan kamera dashboard mobil yang sangat berguna untuk mengantisipasi kejahatan di jalanan.

    Baca juga: Ini Fungsi Penting Pasang Dashcam di Mobil

    Komponen Dashboard Mobil

    Secara umum fungsi dashboard adalah sebagai tempat panel indikator pada mobil. Di dalam dashboard mobil terdapat berbagai komponen yang saling berhubungan dan mendukung satu sama lain.

    Selain terdapat berbagai bagian utama, pada dashboard mobil juga terdapat berbagai tombol indikator. Berikut ini beberapa jenis tombol indikator yang ada di dashboard mobil dan beserta fungsinya.

    • Indikator Speedometer

    Indikator speedometer yang berada pada dashboard mobil berfungsi sebagai penunjuk kecepatan kendaraan. Dengan adanya indikator ini, pengemudi bisa mengontrol laju kendaraan sehingga tidak melewati batas yang telah ditentukan.

    Tidak hanya itu, pada indikator speedometer ini juga terdapat indikator bensin dan oli sehingga pemilik kendaraan bisa melakukan pengecekan dengan lebih mudah.

    • Tombol ABS

    Tombol ABS atau Anti Lock Brake System merupakan salah satu sistem keamanan yang akan mencegah agar rem tidak terkunci. Jadi saat Anda ingin melakukan pengereman, tekan tombol tersebut agar rem tidak terkunci.

    • Tombol Airbag

    Tombol airbag merupakan salah satu fitur keamanan pada mobil yang sangat penting. Tombol ini sangat berguna saat mobil mengalami kecelakaan untuk mengantisipasi benturan pada pengemudi maupun penumpang.

    • Indikator Odometer

    Indikator ini berguna untuk mengetahui seberapa jauh jarak yang telah ditempuh oleh kendaraan. Pada odometer akan tampak jarak tempuh dalam satuan kilometer.

    • Indikator Termometer

    Indikator termometer berfungsi untuk mengukur suhu  mesin mobil. Keberadaan indikator ini sangat memudahkan pemilik kendaraan untuk mengecek suhu kendaraan sehingga bisa terhindar dari risiko mesin overheat.

    Itulah ulasan mengenai dashboard mobil yang dapat menambah referensi Anda mengenai kendaraan yang Anda miliki. Pastikan selalu jaga kondisi kendaraan dalam keadaan prima agar nyaman digunakan dan tidak jatuh harga jualnya.

    Pastikan dalam membeli mobil bekas untuk memilih di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari Petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait