Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    InformasiSudah Soak, Bolehkah Aki Kering Dicas?

    Sudah Soak, Bolehkah Aki Kering Dicas?

    Pengecasan biasanya hanya dilakukan pada aki basah, sehingga banyak beranggapan kalau aki kering tidak bisa dicas ulang dan harus diganti dengan yang baru bila dayanya habis. Tapi, ada juga yang beranggapan sebaliknya.

    News.OLX – Mungkin kamu salah satu yang bertanya-tanya, bolehkah aki maintenance free (MF) atau aki kering dicas?

    Jawabannya, tentu bisa. Namun, aki kering dicas hanya bisa dilakukan jika lemah setrum. Biasanya kondisi ini terjadi karena kendaraan tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama.

    Bisa juga karena mesin mobil mogok. Saat mogok, mobil akan distarter secara terus menerus, sehingga menyebabkan aki tekor. Mobil yang terus menerus distarter akan membuat daya listrik di dalam aki lama kelamaan terkuras.

    Jika mesin tidak kunjung hidup namun daya di dalam aki sudah habis, maka aki akan lemah dan perlu melakukan cas ulang menggunakan alat charger.

    Ciri-ciri aki soak

    Sedangkan aki yang sudah soak atau rusak, tidak bisa dicas. Aki soak sendiri maksudnya adalah kemampuan komponen internal menyimpan energi listrik masuk masa pensiun. Lebih lanjut, berikut beberapa cirinya.

    1. Bunyi klakson melemah atau tidak senyaring yang seharusnya
    2. Lampu depan redup
    3. Secara fisik, aki akan terlihat menggelembung
    4. Mobil sulit dihidupkan atau distarter

    Ke empat ciri di atas sebenarnya juga bisa terjadi pada aki yang lemah daya. Hanya saja, pada aki soak disebabkan oleh usia pemakaian, sedangkan pada aki yang lemah daya disebabkan oleh energi yang terbuang.

    Rata-rata usia pemakaian aki kering sendiri berkisar antara 1 hingga 3 tahun dengan asumsi kondisi mobil dan pemakaian normal.

    Bila beban listrik mobil berlebihan, seperti pemasangan aksesori atau kelalaian pemilik dalam perawatan, maka usia pemakaian aki bisa lebih pendek.

    Cara cas aki kering

    Nah, jika kamu mendapati salah satu ciri di atas dan aki sudah mencapai usia pemakaian maksimal, artinya aki sudah soak. Sedangkan belum mencapai usia pemakaian, besar kemungkinan aki hanya lemah daya dan perlu melakukan pengecasan.

    Sebaiknya gunakan charger dengan fitur cut-off saat mengecas aki. Dengan begitu, ketika setrum aki sudah penuh, charger akan memutus arus listrik secara otomatis sehingga meminimalisir masalah overcharge. Berikut cara cas aki kering sendiri di rumah.

    Cari lokasi aman

    Saat mengecas aki kamu akan menggunakan setrum listrik, untuk carilah lokasi yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.

    Selain itu, mengecas aki membutuhkan waktu yang relatif cukup lama, yakni sekitar 6 jam. Untuk itu pastikan tidak ada air di sekitar lokasi pengecasan karena cipratan air bisa menyebabkan korsleting dan membuat aki rusak.

    Pasokan listrik stabil

    Sebelum aki kering dicas, pastikan listrik di rumah stabil dan tidak ada pemadaman dari PLN. Karena pengecasan akan mengulang dari awal bila pengecasan pengisian setrum terputus di tengah jalan. Kamu jadi rugi waktu, bukan?

    Jika kamu menggunakan listrik prabayar, pastikan sudah mengisi token listrik agar daya cukup untuk pemakaian cas aki kering.

    Pastikan tidak salah sambungkan charger

    Untuk mengecas aki kering, kamu harus menghubungkan kabel charger ke aki, jangan sampai terbalik saat memasang kabel ke terminal karena bisa merusak aki. Pastikan kabel merah tersambung ke terminal positif (+) dan kabel hitam ke terminal negatif (-).

    Saat mengecas aki disarankan tidak menggunakan daya yang besar dengan tujuan setrum aki cepat terisi karena justru akan membuat aki cepat rusak.

    Lepas kabel charger jika selesai

    Jika kamu tidak menggunakan charger dengan fitur cutoff yang mampu memutus arus listrik secara otomatis, segera lepas kabel pada terminal jika indikator pengisian sudah penuh sehingga aki bisa terhindar dari masalah overcharge.

    Setelah melepas charger, apabila tegangan sudah di atas 12,5 volt, artinya cas aki kering sudah berhasil dan siap digunakan kembali.

    Sebaliknya, jika masih di bawah angka tersebut artinya cas aki kering gagal dan kemungkinan sel-sel aki sudah lemah. Kondisi tersebut memerlukan penanganan khusus dan hindari mengecas ulang di rumah.

    Jangan memaksakan menggunakan aki yang kinerjanya sudah tidak prima, karena bisa mengganggu fungsi bagian-bagian kelistrikan. Pastikan kamu menggunakan aki berkualitas saat melakukan penggantian. Yuk rawat mobil kamu!

    Kunjungi OLX atau unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan informasi terbaru tentang otomotif lainnya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait