Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMudah! Lakukan Hal Ini Buat Cari Rest Area Terdekat

    Mudah! Lakukan Hal Ini Buat Cari Rest Area Terdekat

    Buat cari rest area terdekat ternyata mudah caranya!

    News.OLX – Mencari rest area terdekat merupakan salah satu hal yang dibutuhkan ketika hendak melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan. Misalnya seperti saat mudik lebaran atau dalam melakukan perjalanan jarak jauh.

    Sebab, di rest area kamu bisa manfaatkan untuk beristirahat, melepaskan kelelahan, dan mengisi bahan bakar kendaraan. Sebab itu, kemampuan mencari rest area selama perjalanan jarak jauh merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

    Lantas, bagaimana caranya? Di artikel ini, kami akan memberikan tips mudah untuk mencari rest area terdekat agar perjalananmu lebih nyaman dan aman. Berikut penjelasannya.

    1. Manfaatkan aplikasi peta digital untuk mencari rest area terdekat

    Dalam mencari rest area terdekat, kamu bisa memanfaatkan aplikasi peta digital seperti Google Maps atau Waze. 

    Kedua aplikasi ini telah meraih popularitas yang besar dan memiliki kapabilitas untuk membantu kamu menemukan rest area terdekat dari lokasimu dengan akurat dan cepat.

    Baca juga: Tidak Ada Rest Area, Perhatikan Pintu Masuk dan Keluar Tol Japek II Elevated

    Cara penggunaannya pun amat sederhana. Kamu hanya perlu memasukkan kata kunci “rest area terdekat” pada kolom pencarian aplikasi tersebut. Hasil pencarian akan segera menampilkan lokasi tempat peristirahatan terdekat beserta dengan petunjuk rute yang jelas. 

    Tidak hanya itu, aplikasi peta digital juga akan menyajikan informasi mengenai fasilitas apa saja yang tersedia di rest area tersebut. Di sana juga ada informasi mengenai lokasi toilet, tempat makan, dan berbagai fasilitas lain yang mungkin kamu perlukan.

    rest area terdekat (1) (1)2. Cari tanda-tanda fisik rest area

    Biasanya, rest area dilengkapi dengan tanda-tanda fisik yang sangat mudah dikenali. Di Indonesia, tanda-tanda ini umumnya berupa rambu berwarna biru yang jelas bertuliskan “rest area,” dan seringkali rambu tersebut ditempatkan berdampingan dengan logo Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU). 

    Rambu-rambu ini biasanya mudah ditemui di jalan bebas hambatan atau dekat jalan tol yang menjadi jalur utama perjalanan.

    Baca juga: Rest Area Penuh, Pemudik Bisa Manfaatkan Kantor Kelurahan Hingga Kepolisian

    Ketika kamu melihat tanda-tanda ini, itulah saatnya kamu mulai bersiap-siap untuk menemukan rest area terdekat. Mengikuti petunjuk yang diberikan oleh tanda-tanda fisik ini adalah salah satu cara yang paling simpel dan efektif untuk menemukan rest area.

    Hal ini terutama jika kamu belum terbiasa dengan aplikasi peta digital atau perangkat navigasi lainnya. Rambu-rambu tersebut memberikan indikasi yang jelas bahwa kamu sudah dekat dengan lokasi istirahat yang kamu butuhkan selama perjalananmu.

    3. Gunakan website atau aplikasi BPTJ

    Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memiliki sumber informasi yang sangat berguna untuk membantu kamu mencari lokasi rest area terdekat. 

    Mereka telah menyediakan sebuah website dan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses data terkait rest area dengan cepat dan mudah.

    Aplikasi ini bukan hanya sekadar alat pencarian, tetapi juga menyajikan informasi mengenai tipe-tipe rest area yang mungkin kamu inginkan. 

    Rest area terbagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe A, B, dan C, sesuai dengan fasilitas yang tersedia di dalamnya. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu dapat memilih rest area yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

    Baca juga: Pemilik Mobil Listrik Wajib Tahu Soal Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Indonesia

    Tidak hanya itu, aplikasi BPTJ juga memberikan wawasan tentang produk lokal dan pengembangan wilayah sekitarnya. 

    Ini bisa menjadi informasi tambahan yang menarik untukmu, terutama jika kamu ingin menjelajahi atau membeli produk lokal selama perjalananmu.

    Akses website atau aplikasi ini dengan mudah dari ponsel pintarmu, dan kamu akan dapat menemukan lokasi rest area dan SPBU terdekat dengan cepat. Sehingga perjalananmu menjadi lebih nyaman dan terorganisir.

    4. Gunakan Website SPBU

    Alternatif lain yang dapat kamu gunakan adalah mencari lokasi rest area terdekat melalui aplikasi SPBU yang biasa kamu gunakan. 

    Aplikasi ini seringkali tidak hanya menyediakan informasi tentang SPBU, tetapi juga mencakup data mengenai rest area yang terletak di sekitar SPBU tersebut.

    Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Arus Listrik Mobil Tidak Stabil

    Dengan aplikasi SPBU, kamu juga memiliki kesempatan untuk membandingkan harga bahan bakar di beberapa SPBU yang berbeda. 

    Ini adalah cara yang efisien untuk menemukan rest area sambil mempertimbangkan harga bahan bakar yang sesuai dengan anggaran perjalananmu. 

    Dengan demikian, kamu dapat mengoptimalkan perjalananmu dengan mengisi bahan bakar di SPBU yang paling cocok sambil menemukan rest area terdekat.

    5. Pastikan memeriksa jadwal layanan di rest area

    Selain mencari rest area terdekat, penting juga untuk memeriksa jadwal layanan yang berlaku di rest area tersebut. Beberapa rest area mungkin memiliki waktu operasional yang terbatas, terutama jika kamu melakukan perjalanan pada malam hari atau di waktu-waktu tertentu. 

    Mungkin saja rest area tersebut tutup pada jam-jam tertentu atau memiliki fasilitas yang terbatas di luar jam operasional normal.

    Sebelum memutuskan untuk menuju ke rest area tertentu, pastikan untuk memeriksa apakah rest area tersebut masih buka ketika kamu berencana untuk tiba di sana. 

    Ini akan membantu kamu menghindari ketidaknyamanan atau kekecewaan yang mungkin timbul jika rest area tersebut tidak dapat memberikan pelayanan yang kamu butuhkan saat kamu datang. 

    Baca juga: Fungsi Dashcam dan Tips Memilih Produk Dashcam yang Tepat Sesuai Kebutuhan

    Dengan melakukan pengecekan ini sebelumnya, kamu dapat merencanakan perjalananmu dengan lebih baik dan menghindari masalah yang tidak perlu.

    Tapi jika urusan kalian adalah mencari mobil bekas berkualitas, sudah pasti OLX Member of ASTRA adalah solusi terbaik. Dapatkan aplikasinya dengan cara mendownloadnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait